Sekretaris
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekretaris adalah sebuah profesi administratif
yang bersifat asisten atau mendukung. Gelar ini merujuk kepada sebuah
pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin,
tugas-tugas administratif atau tugas-tugas pribadi dari atasannya.
Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer dan pengaturan agenda. Mereka biasanya bekerja di belakang meja. Sebagian besar sekretaris adalah wanita.
Di dunia kerja saat ini ada lagi professi yang merupakan perkembangan
dari sekretaris yaitu PA atau Personal Assistant. Perbedaan dari PA dan
sekretaris adalah PA lebih bertanggung jawab untuk satu orang saja,
dalam hal ini executive atau bos yang menghirenya. Sedangkan sekretaris
lebih bertanggung jawab kepada perusahaan secara umum.
Namun di beberapa perusahaan, tentu saja hampir tidak ada perbedaan
diantara sekretaris dan PA. Seperti contohnya di Indonesia, umumnya
sudah menjadi kebiasaan bila sekretaris kadang juga membantu hal-hal
personal dari si bos yang berhubungan dengan kerja. Lain halnya misalnya
di Hongkong contohnya dimana dunia kerja disana lebih professional.
Perbedaan antara PA dan sekretaris ini sangat kentara.
Sekretaris identik pula dengan fashion dan gaya dalam berbusana ke
kantor. Sudah menjadi rahasia umum bila sekretaris mempunyai tampilan
yang menarik sebagai image dari atasan yang diwakilinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar